BACK TO NATURE Cara Tepat memilih Obat Herbal

Jumat, 03 Desember 2010

Jadikan Mencuci Tangan Sebagai Kebiasaan

Sumber : DokterMu.com
Last Updated on Rabu, 27 Oktober 2010 07:02  
Written by Mel Marsono Senin, 11 Oktober 2010 09:57
 
Kebiasaan mencuci tangan hendaknya dibiasakan pada anak karena dapat mencegah anak terkena penyakit. Mencuci tangan tidak hanya dilakukan pada saat hendak makan saja, namun setiap waktu misalnya: pada saat anak membantu menyiapkan makan, setelah anak membersihkan tempat dan mainanya, sehabis dari kamar mandi, setelah bermain dengan binatang peliharaan, dan setelah melakukan kegiatan di luar rumah, seperti berkebun, bermain dan lain-lain.
Kuman ada di mana-mana dan setiap hari kita bersentuhan dengannya. Apalagi anak-anak sekolah yang sering bermain, bersentuhan maupun bertukar barang-barang dengan teman-teman sekolahnya. Kuman yang ada di alat-alat tulis, kalkulator, buku-buku dan benda-benda lain akan mudah berpindah dari tangan satu anak ke anak lainnya, sehingga kalau ada anak yang mempunyai penyakit tertentu akan mudah menular pada anak lainnya.

Kebiasaan mencuci tangan akan membantu mencegah anak dari penularan penyakit. Kebiasaan ini perlu ditanamkan oleh orang tua di rumah dan oleh para guru di sekolah. Untuk membantu membiasakan kebiasaan baik ini, hendaknya pihak sekolah menyediakan wastafel yang cukup di sekolah yang letaknya dekat dengan tiap-tiap kelas. Karena biasanya wastafel berada di area kamar kecil yang berjarak agak jauh dari beberapa kelas tertentu. Juga di dekat kantin sekolah hendaknya disediakan minimal dua wastafel bagi anak-anak yang hendak jajan di sekolah agar mencuci tangan mereka sebelum memakan makanannya. Mencuci tangan yang baik hanya memerlukan waktu kurang dari satu menit, namun dapat mencegah penyakit yang akan menyerang selama berhari-hari yang tentunya akan menghambat proses belajar anak di sekolah, anak ketinggalan pelajaran dan juga memerlukan biaya untuk pengobatan penyakit tersebut.

Wastafel hendaknya dilengkapi dengan sabun dan alat pengering atau tisu untuk mengeringkan tangan. Dan di atas wastafel di lengkapi dengan gambar dan cara membersihkan tangan yang baik. Cuci tangan tidak sekedar hanya membasahi tangan kita dengan air saja. Namun tujuan dari cuci tangan yang baik adalah untuk menghilangkan kuman yang menempel di tangan. Mencuci tangan dengan baik yang meliputi jari-jari tangan, punggung tangan, sela-sela jari tangan, sampai pergelangan tangan. Bagi orang tua yang benar-benar memperhatikan kesehatan anak, cara lain dapat dilakukan yaitu dengan selalu melengkapi anak dengan cairan pencuci tangan yang dijual bebas di mini market ataupun apotik. Memberikan penjelasan pada anak tentang pentingnya mencuci tangan selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Healthy Product

Ibu ... Betapa Mulianya pengorbananmu...karenanya Ku ingin membuatmu Bangga dan Selalu Tersenyum

Pakaian Bersih Salah Satu Syarat Sehat

EcoBALL