BACK TO NATURE Cara Tepat memilih Obat Herbal

Minggu, 09 Januari 2011

Hindari Penyakit Degeneratif

oleh : Drs. Riza Abudaeri, Apt
Dosen Akademi Farmasi dan Akademi Analis Farmasi dan Makanan Putera Indonesia Malang

Penyakit degeneratif (seperti penyakit jantung, gagal ginjal, kolesterol tinggi, lambung dll) telah menjadi fenonema umum dewasa ini. Bahkan, tidak hanya menyerang usia tua, para remajapun tidak luput dari serangan penyakit demikian.


Secara umum, penyakit degeneratif diawali oleh kekakuan-kekakuan pada pembuluh darah yang akan mengakibatkan berkurangnya suplai oksigen ke otak. Selanjutnya, kekurangan suplai oksigen ini akan menimbulkan gejala pusing-pusing atau rasa nyeri pada bahu, leher, paha dan betis.

Munculnya gejala-gejala seperti itu harus diwaspadai. Sebagian besar penderita, biasanya mengambil cara-cara pengobatan yang kurang tepat yang justru dapat menyebabkan gejala tersebut berkembang menjadi penyakit-penyakit degeneratif. Cara pengobatan yang salah, misalnya pengobatan yang sifatnya hanya menghilangkan gejala-gejala saja ( simptomatik ). Biasanya digunakan obat-obatan penghilang rasa nyeri.
Pengobatan dengan hanya menghilangkan rasa nyeri saja justru akan menghilangkan kepekaan terhadap perkembangan penyakitnya. Tahu tahu penyakitnya sudahbertambah parah. Oleh karena, itu kebanyakan penyakit degeneratif diketahui oleh penderita disaat telah berkembang parah.

Untuk menghindari timbulnya penyakit degeneratif ini antara lain : 
1). beristirahat secara cukup; 
2). mengkonsumsi nutrisi yang cukup; 
3). hindari makanan/minuman yang mengandung bahan-bahan sintetik;
4). olah raga yang teratur;
5). mengembangkan pola berfikir yang benar;
6). melakukan message secara teratur untuk menghilangkan kekakuan-kekakuan pada pembuluh darah setiap 1 - 1,5 bulan sekali.

Demikian sekedar informasi ini, semoga dapat bermanfaat, red.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Healthy Product

Ibu ... Betapa Mulianya pengorbananmu...karenanya Ku ingin membuatmu Bangga dan Selalu Tersenyum

Pakaian Bersih Salah Satu Syarat Sehat

EcoBALL