BACK TO NATURE Cara Tepat memilih Obat Herbal

Senin, 11 Juli 2011

DIARE SETELAH MINUM SUSU, KENAPA??

Hampir setiap orang pernah mengkonsusmi susu atau produk olahan susu, terutama ketika masih bayi atau balita. Pada usia tersebut, konsumsi susu sangat diperlukan karena nilai gizi yang terkandung dalam susu. Pemenuhan gizi tersebut dapat diperoleh dari air susu ibu (ASI) dan susu formula.

Sebagian orang pernah mengalami kembung, mulas atau bahkan diare setelah mengkonsumsi susu. Terdapat ranggapan bahwa penyebabnya adalah karena orang tersebut alergi terhadap susu, namun sebenarnya kasus tersebut bukanlah alergi susu. Alergi susu terkait dengan sistem imun dimana tubuh mengeluarkan reaksi terhadap protein-protein susu, yang mengakibatkan reaksi alergi seperti gatal-gatal, muntah, sesak nafas dan lain-lain. Sedangkan kasus diare setelah minum susu merukapan intoleransi laktosa atau dengan kata lain, tubuh tidak dapat menerima laktosa.

Di dalam susu dan produk susu lainnya terkandung komponen gula atau karbohidrat yang dikenal dengan laktosa (gula susu). Pada keadaan normal, tubuh dapat memecah laktosa menjadi gula sederhana dengan bantuan enzim laktase. Berbeda dengan sebagian besar mamalia yang tidak lagi memproduksi laktase sejak masa penyapihan, pada manusia, laktase terus diproduksi sepanjang hidupnya. Enzim laktase terdapat di mukosa usus halus dan bekerja memecah laktosa menjadi monosakarida yang siap untuk diserap oleh tubuh yaitu glukosa dan galaktosa. Apabila ketersediaan laktase tidak mencukupi, laktosa yang terkandung dalam susu tidak akan mengalami proses pencernaan dan akan dipecah oleh bakteri di dalam usus halus. Proses fermentasi yang terjadi dapat  menimbulkan gas yang menyebabkan kembung dan rasa sakit di perut. Sedangkan sebagian laktosa yang tidak dicerna akan tetap berada dalam saluran cerna dan tidak terjadi penyerapan air dari faeses sehingga penderita akan mengalami diare.

Orang yang mengalami intoleransi laktosa biasanya mempunyai batas toleransi untuk mengkonsumsi laktosa, yang jika mereka mengkonsumsi dalam batas tersebut maka mereka akan mengalami gejala yang minimal. Beberapa solusi bagi orang yang mengalami intoleransi laktosa yaitu, meraka dapat mengkonsumsi produk yang bebas laktosa seperti susu kedelai atau susu formula bebas laktosa. Selain itu, produk fermentasi susu juga dapat menjadi alternatif, seperti yogurt, keju atau kefir dimana laktosa pada susu telah dipecah selama proses fermentasi sehingga aman dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa.

Jadi, apakah anda termasuk penderita intoleransi laktosa? Kenalilah gejalanya sejak awal!!

Ditulis oleh: Ernanin Dyah Wijayanti, S.Si, MP. (Dosen Akfar Putra Indonesia Malang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Healthy Product

Ibu ... Betapa Mulianya pengorbananmu...karenanya Ku ingin membuatmu Bangga dan Selalu Tersenyum

Pakaian Bersih Salah Satu Syarat Sehat

EcoBALL